Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal
4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu
mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya
mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat,
mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa
berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran koperasi dalam memajukan perekonomian
masyarakat dari dulu hingga saat ini sangat lah banyak. Karena masyarakat
dapat meminjam atau berdagang pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu
saja peranan yang dilakukan koperasi juga dapat membantu Negara untuk
menggembangkan usaha kecil yang ada dalam masyarakat.
Peranan
koperasi dalam Perekonomian Indonesia adalah :
1. Alat pendemokrasi ekonomi
2. Alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi
kesejahteraan rakyat
3.
Membantu pemerintah dalam mengelola
cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak.
4. Sebagai soko guru perekonomian nasional
Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi nasional)
5. Membantu pemerintah dalam meletakkan
fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan menjalankan prinsip-prinsip
koperasi Indonesia
Peran Koperasi
diberbagai Keadaan Persaingan
1.
Di Pasar Persaingan
Sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
·
Adanya penjual dan
pembeli yang sangat banyak
·
Produk yang dijual perusahaan
adalah sejenis (homogen)
·
Perusahaan bebas untuk
mesuk dan keluar
·
Para pembeli dan
penjual memiliki informasi yang sempurna
2.
Di Pasar Monopolistik
·
Banyak pejual atau
pengusaha dari suatu produk yang beragam
·
Produk yang dihasilkan
tidak homogen
·
Ada produk
substitusinya
·
Keluar atau masuk ke
industri relatif mudah
·
Berbeda-beda sesuai
dengan keinginan penjualnya
3.
Di Pasar Monopsoni
·
Disini ada penjual
banyak tetapi hanya ada satu pembeli.
4.
Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya
ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar. Dua strategi dasar
untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk menghindari perang harga, perusahaan
akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara
melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.
·
Penawaran Harga yang
bersifat Predator
·
Price Leadership
Tidak ada komentar:
Posting Komentar